389view

Pembinaan Direktur Polkesma dan Sosialisasi Prodi Profesi Bidan di Kampus I Jember

Pembinaan Direktur Polkesma dan Sosialisasi Prodi Profesi Bidan di Kampus I Jember

 

Kaprodi Kebidanan Jember, Sugijati, SST., M.Kes (kiri), Direktur Polkesma, Budi Susatia S.Kp., M.Kes, Ketua IBI Jember Suharti, dan Wakil Direktur 1 Dr. Moh Wildan, A.Per.Pen., M.Pd.

Jember, 16 Mei 2019. Polkesma MOJ mendapatkan kunjungan kehormatan dari Direktur Poltekkes Kemenkes Malang, Budi Susatia, S.Kp., M.Kes yang pada momen istimewa tersebut didampingi oleh Wakil Direktur 1, Dr. Moh Wildan, A.Per.Pen., M.Pd. dengan agenda pembinaan dan sosialisasi Program Profesi Bidan di lingkungan Kampus yang popular dengan sebutan Polkesma. Ruang Rapat Kampus Jl. Srikoyo ini di daulat menjadi venue pembinaan Direktur yang dihadiri oleh segenap sivitas akademik Prodi Kebidanan Jember.

Polkesma Jaya, MOJ Digdaya

Dalam paparannya, Direktur menyampaikan kemajuan dan pengembangan institusi pendidikan vokasi kesehatan terdepan yang dikomandani beliaunya ini dan sejumlah milestone kampus dalam menyongsong era kesejagadan dimasa mendatang. Rintisan pengembangan aspek sumberdaya manusia dan peningkatan mutu institusi yang tertuang dalam renstra dan target IKU Direktur sebagai institusi pemerintah binaan PPSDM Kemenkes dan Ristek Dikti menjadi salah satu bidikan utama. Salah satu diataranya adalah pengembangan sejumlah pendirian program studi baru yang disesuaikan dengan kebutuhan insan sumberdaya kesehatan di Indonesia. Dalam waktu yang relatif dekat usai persetujuan Ristek Dikti, pembukan sejumlah Prodi baru a.l Administrasi Rumah Sakit, K3, dan Kardiovaskuler yang akan melengkapi dan memperkaya Polkesma menjadi institusi leader vokasi kesehatan.

Pasca Diundangkan, Profesi Bidan Semakin Menawan

Dalam pertemuan tersebut juga Direktur menguraikan rencana penerimaan mahasiswa untuk prodi profesi bidan di kampus Polkesma tahun 2019. Oleh karena itu, dalam pertemuan yang dilanjutkan di Aula Prodi Kebidanan Jember dengan menghadirkan sejumlah calon mahasiswa Profesi baik dari Mahasiswa tingkat akhir maupun para bidan IBI disampaikan sosialisasi prodi profesi bidan di lingkungan kampus polkesma.

Peserta Sosialisasi Prodi Profesi Bidan @Aula Prodi Kebidanan

Dalam acara sosialisasi tersebut hadir ketua IBi Jember Suharti, Direktur Polkesma, Wakil Direktur dan Kaprodi Kebidanan Jember. Ibu ketua IBI menyampaikan apresiasi Polkesma dengan adanya prodi profesi bidan adalah menjembatani peningkatan kompetensi sumberdaya manusia kebidanan sesuai dengan amanat UUD Kebidanan No 4 tahun 2019. Sebagai informasi bahwa kedepanya Bidan terdiri atas bidan vokasi dan bidan profesi. Lebih jauh, dalam memberikan layanan praktik mandiri diamanatkan kepada bidan dalam 7 tahun mendatang harus memiliki kulaifikasi profesi yaitu setara level 7 dalam KKNI. Ketua IBI Jember, sesuai dengan visi-misi organisasi menyambut antusias adanya prodi profesi, tuturnya menyimpulkan sambutanya.

Polkesma Komit Membantu Meningkatkan Kompetensi Sumber Daya Kesehatan

Dalam petikan sambutanya Direktur, menceritakan kronologis alasan berdirinya prodi profesi selain karena menyikapi amanat undang-undang, juga berdasarkan pemikiran beliau dalam menyikapi hasil Rakesda di Surabaya tahun lalu bahwa kebutuhan akan bidan vokasi di hampir 500 Puskesmas di Jawa Timur telah terpenuhi. Sedangkan untuk level sarjana atau diploma IV Kebidanan masih menunjukkan peningkatan yang siginifikat terlebih dengan adanya profesi bidan di masa mendatang akan menjadi sebuah keharusan utamanya bagi peningkatan kompetensi dan pendirian praktik bidan mandiri di masyarakat. Oleh karena itu, Polkesma komit meningkatkan kompetensi sumber daya manusia kesehatan dengan menyajikan pendidikan berkulitas. Acara diakhiri dengan tanya jawab peserta seputar prodi profesi di Polkesma yang secara resmi diluncurkan pada tahun akademik 2019/2020 ini.

photo taken by Zaenal

Instagram : @polkesmamoj



Write a Facebook Comment

Tuliskan Komentar anda dari account Facebook