297view

Mencegah Covid-19, Polkesma Gelar Kampanye dan Bagi Masker

Mencegah Covid-19, Polkesma Gelar Kampanye dan Bagi Masker

Kaprodi, Sugijati SST., M.Kes, beserta Ketua PKK Kec Patrang, dan Civitas Akademik Kampus 1

Hari ini (18/9), Prodi Kebidanan Jember Poltekkes Kemenkes Malang (Polkesma, red)  membagikan masker kepada masyarakat di lingkungan Kec Patrang Jember. Kegiatan ini merupakan upaya menyukseskan kampanye menggunakan masker di era adaptasi kebiasaan baru untuk mencegah penularan Covid-19. Sasaran pemberian masker adalah masyarakat umum yang ditemui di manapun berada terutama yang tidak menggunakan masker. Di antara tempat yang dituju untuk kampanye ini adalah Jalan Srikoyo depan Kampus 1, Pertigaan lampu merah RSD dr. Soebandi, Pasar Patrang dan Pasar Kreongan. Masker dibagikan kepada para pedagang dan pembeli di pasar serta pengguna jalan.

Kaprodi kebidanan Jember menyerahkan bantuan masker kepada Ketua PKK kec. Patrang

Turut serta dalam kegiatan adalah Ketua Penggerak PKK wilayah kec. Patrang. Selain pembagian masker diberikan pula edukasi tentang bahaya yang ditimbulkan jika tidak menggunakan APD sederhana ini. Selanjutnya diberikan langkah-langkah praktis memasangkan masker dengan cara yang benar, agar masyarakat dapat menerapkannya dan menggunakannya selama menjalani aktifitas sehari-hari.

Di kampus 1 sendiri, berbagai kegiatan telah dilaksanakan seiring dukungan terhadap kebijakan kampanye yang digagas oleh kementerian kesehatan RI tersebut baik berupa pelaksanaan seminar nasional peran perempuan dalam memutus mata rantai penyebaran cobvid-19 juga dalam bentuk penyematan beberapa atribut di area kampus dalam bentuk pemasangan baliho, spanduk, dan banner. Terlebih, kampus unggulan kesehatan yang terletak di Jl Srikoyo ini telah dinobatkan sebelumnya sebagai Kampus Tangguh Covid-19.

Kampanye ini dilaksanakan baik di kampus Utama maupun kampus 1-7 Poltekkes Kemenkes Malang dan dilakukan sebagai bentuk kepedulian Polkesma  mengingatkan kembali kepada masyarakat untuk tetap disiplin menggunakan masker.  Hingga saat ini, angka positif Covid-19 di Indonesia khususnya di Jember masih cukup tinggi.  Polkesma sebagai UPT dibawah Kementerian Kesehatan akan terus melakukan langkah masif sebagai upaya untuk pencegahan penyebaran Covid-19. Direktur Poltekkes Kemenkes Malang, Budi Susatia, S.Kp., M.Kes dalam kunjungannya ke kampus 1, menyampaikan bahwa kampanye ini dilakukan bertahap, tahap pertama adalah kampanye pakai masker, tahap kedua adalah kampanye cuci tangan pakai sabun, tahap ketiga kampanye jaga jarak harus diterapkan untuk menjaga diri dan lingkungan dari penyebaran Covid-19.

 



Write a Facebook Comment

Tuliskan Komentar anda dari account Facebook