326view

Kapolres Jember Berlabuh Pada Launching Kampus Tangguh Covid-19 di Prodi Kebidanan Jember

Kapolres Jember Berlabuh Pada Launching Kampus Tangguh Covid-19 di Prodi Kebidanan Jember

          Kapolres Jember, AKBP Aris Supriyono S.I.K., M.Si melakukan supervisi Poltekkes Kemenkes Malang (Polkesma, red.), khususnya Kampus 1 Prodi Kebidanan Jember dalam implementasi adaptasi baru dan sekaligus menobatkan kampus yang terletak di Jl. Srikoyo 106 tersebut menjadi Kampus Tangguh Covid-19. Kedatangannya di kampus negeri vokasi unggulan bidang kesehatan di Jember hari ini menjadi istimewa lantaran mewakili Muspida Jember ­me-launching Program Semeru Tangguh Covid-19 khususnya di lingkungan pendidikan tinggi. Selama sekitar satu jam berdiskusi dan melihat lebih dekat kesiapan dan kesigapan Polkesma, komandan kharimastis ini menuturkan apresiasi tinggi pada Kampus 1 Prodi Kebidanan Jember dalam penerapan adaptasi baru di area kampus berupa pola kerja baru dan pola belajar baru bagi civitas akademik yang bersinergi dengan upaya pencegahan Covid-19 khususnya di Jember. Terlebih, pimpinan tertinggi instansi Tribata di Jember ini bahkan siap memfasilitasi segenap warga kampus apabila dirasa perlu dalam penyelenggaraan rapid test Covid-19, pungkas komandan yang pernah bertugas di Polres brebes ini.

(kiri), Sugijati, SST., M.Kes, Danramil Patrang, Kapten Inf Sumaryono, Camat Patrang, Ir Rofiq Sugiarto, Kapolres Jember AKBP Aris Supriyono S.I.K., M.Si., Kapolsek Patrang IPTU Sholihin Agus Wijaya, S.H.

Hal senada juga disampaikan oleh Camat Patrang, Ir Rofiq Sugiarto, yang turut serta dalam rombongan, bahwa dampak Covid-19 khususnya di Kec. Patrang ini semakin terasa, khususnya di bidang kesehatan dimana beberapa program unggulan kerja sama antara Kec. Patrang dengan Polkesma, khususnya Kampus 1 dalam bentuk wilayah binaan di Banjarsengon, melalui ekstrak kelor dan sederet program peningkatan derajat kesehatan ibu dan anak lainya; yang sejauh ini masih belum bisa direalisasikan secara optimal, ujarnya.  Terlebih, kemitraan antara dua instansi tersebut, sebagai upaya pro aktif menekan Angka Kematian Ibu (AKI) di Jember yang masih cukup tinggi, pungkasnya.

Gugus Tugas Covid-19 Prodi Kebidanan Jember, SUgijati, SST., M.Kes menjelaskan prosedur penanganan dan pencegahan Covid-19 di Kampus

Rombongan meinjau langsung beberapa posko Kampus Tangguh Covid-19.

  Kaprodi Kebidanan Jember, Sugijati, SST., M. Kes, mengemukakan bahwa sesuai dengan arahan dan kebijakan Direktur, Budi Susatia, S.Kp. M.Kes tentang adaptasi baru di lingkungan Poltekkes Kemenkes Malang; khususnya di kampus 1 menerapkan protokol kesehatan yang sangat ketat baik dosen, tenaga kependidikan, serta mahasiswa. Hal ini sudah dipersiapkan jauh-jauh hari sebelumnya, melalui Kabag Umum dan Akademik, Setyo Harsoyo, SKM. M.Kes yang memfasilitasi sarana-prasarana representatif yang mendukung upaya pencegahan dan penyebaran Covid-19. Seperti yang disaksikan sendiri oleh para rombongan dimana tersedia beberapa titik tempat cuci tangan, sabun, handsanitizer, pengaturan enginering tempat kerja, pemerhatian pada physical distancing, dan penggunaan masker serta face shield yang kesemuanya tersebut telah dinilai layak menjadi pelopor kampus Tangguh Covid-19, program yang diprakarsai oleh Polri ini.

???????Posko Kesehatan Kampus Tangguh Covid-19

Gugus Tugas Covid-19 Prodi Kebidanan Jember yang diketuai oleh Sugijati, SST., M.Kes, dalam penerapanya sangat memperhartikan sekali protokol kesehatan. Petugas garda depan dipersiapakn memakai perangkat pelindung diri berupa masker, face shield, sarung tangan, thermogun, handsanitizer, serta formulir isian assessment Covid-19 yang diperuntukan bagi tamu dan civitas akademika. Mahasiswa tingkat akhir dan yang mengikuti kegiatan praktikum terbatas di laboratorium juga diwajibkan mengisi self-assessment daring minimal sehari sebelum ke kampus, dan apabila dinyatakan aman secara sistem serta mendapat persetujuan orang tua, maka dapat diusulkan untuk mendapatkan surat tugas Kaprodi. Petunjuk, poster imbauan dan banner untuk menjalankan protokol kesehatan, baik dalam maupun luar ruangan. Self-assessment periodik, keharusan memakai masker, juga diberlakukan bagi segenap civitas akademika menunjukan komitmen Polkesma untuk mencegah Covid-19 di lingkungan kampus secara aktif baik bagi diri sendiri maupun keluarga. “Alhamdulillah sampai sekarang, Polkesma nihil terpapar Covid-19”, ujar Kaprodi.

Kampus Tangguh Covid-19 Prodi Kebidanan Jember

 

???????

Galeri kegiatan

      Usai turun meninjau langsung secara saksama implementasi Kampus Tangguh Covid-19 di Prodi Kebidanan Jember, AKBP Aris Supriyono, S.I.K., M.H. sebelum berpamitan menyampaikan dihadapan para pewarta tentang harapan bahwa segala bentuk kesiap siagaan yang telah dilaksanakan di kampus pencetak profesi kebidanan ini, agar dapatnya tetap dipertahankan dan ditingkatkan selama menjalani masa adaptasi baru dan juga menjado contoh penerapan Kampus Tangguh lainnya, khusunya di Jember.

 

 



Write a Facebook Comment

Tuliskan Komentar anda dari account Facebook