268view

Edu Fair 2019

Edu Fair 2019: Polkesma Memukau di Kota Tembakau

Ikut Pameran Pendidikan, Polkesma Komit menjadi Terdepan.

Jember, (31/1), Gedung Serbaguna PKPSO Jember, Kamis pagi itu terpantau hiruk pikuk riang oleh ribuan pelajar dari seantero kota Jember yang hadir untuk satu tujuan yaitu event Edu Fair 2019. Setelah dibuka oleh panitia, dengan beragam aksi seni dan kreasi, bergelombang para pelajar menyerbu stand area pameran, sejumlah 68 perguruan tinggi negeri dan swasta se Jawa Bali turut memeriahkan gelaran event tahunan ini. Tak Jauh dari pintu masuk, para pelajar sudah disuguhkan riuh rendah semarak jingle dan senyum keakraban mahasiswi-mahasiswi kebidanan dari polkesma. Menarik dan memukau itulah ilustrasi gambaran booth fair Polkesma, bagaimana tidak memukau, selain karena posisi layoutnya yang strategis, di bagian sudut yang dapat sapuan luas pandangan dan perhatian pengunjung juga karena paduan warna yang lebih cerah, tegas namun tetap sederhana. Kesan professional serta elegan, tersajikan kompak dengan almamater dan seragam putih khas kementerian kesehatan.  Dan yang lebih penting ramainya kunjungan dan antusias pengunjung pojok Polkesma, berkesinambung hingga akhir acara.

Berurutan dari kiri, bu. Ida Prijatni, bu. Sugijati, Sovvia Eka N, Nidia Salwa T, Ike Aprilia DP, Paradixtya A, Laksmitha Janasti,

Arini Nafisa K dan Intan Alya,

Apa Saja yang disajikan Berkualitas, akan diterima dengan Ikhlas.

Bergelombang silih berganti, lalu lalang para pelajar SMA sederajat tersebut melewati stand Polkesma, sebagian besar berhenti untuk menyimak paparan dari mahasiswi kebidanan yang secara komunikatif nan friendly menyampaikan profil kampus, mereka adalah Ike Aprilia Diana Putri, Laksmitha Janasti, Nidia Salwa tauriska, dan Sovvia Eka Nurfatdillah, Korps Kebidanan DIV Jember tersebut penuh semangat nan sabar melayani tamu pengunjung yang datang. Meskipun ditengah bayang-bayang UN yang akan datang dan harapan diterima di PT idaman ditengah persaingan yang ketat, tidak menyurutkan langkah kecil para pelajar tingkat akhir tersebut larut dalam pertanyaan-pertanyan mendalam penuh keingintahuan kepada Paradixtya Anugrah, Mahasiswi D-IV Kebidanan, skaligus Duta Polkesma 2018 ini. Penulis sendiri, menyaksikan dan mengabadikan suasana yang penuh keakraban dan bersahabat ini melalui bingkai kamera, dimana para siswa kelas XII ini menumpahkan segudang pertanyaan seputar kemahasiswan dan kampus hijau tercinta kita, suara kosultasi berpadu yang semakin asyik diiringi jingle kekinian Polkesma yang hampir-hampir memenuhi ruangan. Di meja stand sendiri, hampir selalu penuh kehadiran wajah-wajah antusias pelajar, beberapa kali, penjelasan seputar Sipenmaru 2019 Politeknik Kesehatan Kemenkes Malang disampaikan dengan baik oleh, Arini Nafisatul Kamila dan Intan Alya A, mahasiswa senior D-IV Kebidanan ini, keduanya piawai menjelaskan hal ikhwal seputar seleksi masuk 2019 dan sesekali menujukkkan kepada pengunjungnya video profil yang dimainkan pada monitor besar disalah satu sudut meja, hal ini memperkuat tambahan informasi secara visual. Moment menarik terjadi, saat secara spontan, ada siswi dari MAN 2 Jember yang berharap dan cemas serta meminta dukungan dan doa dari kakak-kakak mahasiswanya, semoga lancar dan sukses masuk Polkesma, khususnya Prodi Kebidanan Jember, Kampus I. Hal senada, juga disampaikan oleh Putri, gadis kelahiran Banjarmasin ini, tercatat sebagai siswi SMK Farmasi menyampaikan ketertarikanya melanjutkan di bidang kesehatan. Menurutnya, kegiatan Edu Fair ini selain memudahkan siswa memperoleh informasi tentang perguruan tinggi, juga menghemat biaya karena tanpa harus datang ke PT idaman tersebut.

Pengunjung memenuhi Booth fair Polkesma

Penyajian Yang Pantas Menerbitkan Senyum Puas.

Berdasarkan informasi dari ketua panitia, Drs Hariyanto, Edu Fair tahun ini adalah gelaran yang ke-5 yang memiliki misi, pertama untuk memjembatani daripada sekolah yang masih belum mampu mengadakan atau mengundang orientasi program studi dari perguruan tinggi. Kedua, juga memfasilitasi pertemuan antara dunia kampus dengan calon mahasiswa dari SMA sederajat ini, lebih lanjut, bapak yang juga Guru BK di SMAN 4 ini, memperkirakan sekitar 10.000 pelajar meramaikan acara hadir dari penjuru Jember ini, perkiraan tersebut berdasar atas jumlah undangan yang terkonfirmasi. Terlebih, semakin istimewa, kehadiran PT dari luar negeri juga turut menaikan gengsi dan grade hajatan tahunan ini. Diantaranya, Mahsa University of Malaysia dan sederet PT ternama nasional Indonesia lainnya.

Bu. Yuniasih, Bu. Sugijati, dan Ketua Panitia Edu Fair, serta bu. Ida Prijatni

Rombongan pelajar SMAN 1 Jember

Stand Fair Polkesma, Penuh Sampai Akhir Acara.

Keikutsertaan Polkesma pada pameran pendidikan ini, adalah yang ke-4 dalam bulan yang sama, setelah sebelumnya lancar dan sukses di Kota Banyuwangi, Bondowoso, dan dua (2) hari sebelumnya di kota Situbondo. Tim Promosi MOJ alhamdulillah, dipercaya untuk mewakili Polkesma untuk melakukan serangkaian roadshow pameran pendidikan dan event-event promosi yang lainnya, hal ini untuk mendekatkan dan memasyarakatkan Polkesma untuk senantiasa mempertahankan public trust kepada institusi pendidikan kesehatan yang berpengalaman dan leader di bidang kesehatan ini. Oleh karena itu, hadir memberikan dukungan dan pembinaan, Kaprodi Kebidanan Jember, Sugijati, SST.,M.Kes, beserta Ibu Ida Prijatni, S.Pd, M.Kes, dan Yuniasih Purwaningrum, S.SiT., M.Kes. beserta Tim dan Mahasiswa D-IV Kebidanan Jember. Hingga akhir kegiatan, Polkesma baru menutup stand pamerannya setelah terakhir memperoleh kunjungan rombongan dari SMAN 1 Jember dan SMAN 1 Kalisat dan menjadi stand terakhir yang tersedia, meskipun 80% stand yang lainnya sudah membongkar tenda dan menggulung layarnya. Polkesma: The Truly Vocational Education of Health.

.. bahkan kami selaku informan dari MOJ juga nyaris tidak ada kesempatan untuk istirahat karena ramainya kegiatan tersebut. . . (click Nidia view more)

Nidia Salwa Tauriska, Mahasiswi, D-IV Kebidanan tk.2, BEM MOJ, Kemenlu

Photo taken by Zaenal, Cholilulloh, dan mahasiswi

Foto-foto kegiatan lebih lengkap tersedia pada halaman Gallery Photo pada web ini.



Write a Facebook Comment

Tuliskan Komentar anda dari account Facebook